Revolusi Industri 4.0 telah mengubah landscape dunia. Kemunculan supercomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, nano teknologi hingga dikembangkannya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) mendorong manusia untuk selalu belajar dan menyesuaikan dengan perubahan. Era ini disebut dengan era disrupsi, dimana perkembangan teknologi mampu mengubah tatanan dan pola masyarakat yang sudah ada sebelumnya. Di dunia pendidikan era disrupsi ini perlu disikapi secara bijak. Disrupsi bukan ancaman tetapi justru tantangan bagi dunia pendidikan untuk menyiapkan generasi selanjutnya yang dapat memanfaatkan perubahan ini untuk kemajuan.
Di bidang pendidikan, penggunaan teknologi bukan barang baru.
Bertahun-tahun seiring dengan kemajuan teknologi, dunia pendidikan dan pembelajaran juga turut berubah.
20 tahun lalu guru masih menyampaikan materi dengan bantuan papan tulis,
kemudian muncul OHP, tak lama kemudian komputer memudahkan kerja guru dengan
program-programnya yang memudahkan materi
disampaikan. Saat ini sangat jamak guru menggunakan komputer, buat powerpoint
dan menampilkannya dengan bantuan LCD projector di kelas. Kini dengan semakin
berkembangnya teknologi, guru
dan peserta didik
dimudahkan dengan beragam
jenis perangkat elektronik, salah satunya handphone.
Pada pembelajaran
sosiologi di SMA, penggunaan teknologi informasi merupakan salah satu cara untuk
menyampaikan materi dan membuat belajar
sosiologi menjadi lebih
menyenangkan. Caranya dengan memanfaatkan telepon pintar yang dibawa peserta
didik sebagai media/sarana belajar. Banyak
aplikasi tersedia dan dapat digunakan untuk pembelajaran. Salah
satu aplikasi tersebut adalah Kahoot!
Berikut langkah-langkah menjalankan aplikasi Kahoot! :
A. Membuat akun di Kahoot!
- Buka website https://kahoot.com
2. Buat akun (sign up), Klik sebagai guru (teacher)
3.Ada 3 pilihan cara
anda mendaftar yaitu
dengan menggunakan akun
google mail, microsoft mail atau email lain
4.Bagi yang
memiliki email google
dan Microsoft anda
tinggal memasukkan alamat
email dan password
5. Bagi yang belum
memiliki maka silahkan
klik sign up with email
dan isi data
diri anda
6. Setelah semua data terisi klik confirm dan selanjutnya buka email anda untuk melakukan verifikasi
7. Buka email anda dan klik tautan yang telah dikirimkan secara otomatis oleh Kahoot!
8. Sekarang anda resmi telah masuk di Kahoot dan menggunakan aplikasi ini
B. Membuat Nama/Judul Quiz
1. Jika
muncul dialog seperti ini , klik Skip for now
2. Terdapat 3 menu dalam kahoot yakni : Home, Discover,
Kahoots dan Report.
a.
Tampilan pada Menu Discover
b. Tampilan pada Menu Kahoots
c. Tampilan pada Menu Report
3. Klik di pojok kanan atas ‘CREATE’ kemudian pilih tipe permainan yang akan dibuat.
4. Terdapat 5 model pilihan Quiz, True or False,
Puzzle, Slide, Poll
C. Membuat pertanyaan quiz
1. Klik ‘Add
Question’ (membuat soal
di Kahoot! dilakukan satu per satu).
Anda juga dapat menyisipkan gambar dan link video
youtube pada kolom
‘Media’
Jika pilih Quiz muncul seperti di bawah ini
2. Pada kolom ‘Question’ isi dengan pertanyaan/soal (jumlah karakter maksimal 95)
3. Pada kolom ‘Time limit’, anda dapat menentukan lama waktu mengerjakan soal (pilih sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan)
4. Pada tombol ‘Award point’, anda bisa memilih akan diaktifkan atau tidak. Apabila diaktifkan maka Kahoot! secara otomatis akan memberikan point yang lebih besar berdasarkan jawaban benar dan kecepatan menjawab
5. Pada kolom ‘Answer 1-4’ silahkan isi dengan pilihan jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat (jumlah karakter maksimal 60 per item jawaban)
6. Tentukan pilihan
jawaban yang benar dengan klik tanda centang
(√)
8. Setting dapat dilihat oleh ‘visible to everyone’ – bahasa ‘language english/bahasa indonesia’ – peserta ‘audience school’
9. Anda juga
dapat memasukkan sumber
dari pertanyaan quiz
dan juga video
intro
10. Setelah semua
siap, klik ‘Done’ di
bawah
11. Kemudian klik ‘Done’ di kanan atas, maka akan
muncul kotak dialog seperti berikut
D. Menampilkan Quiz
Sebelum memulai permainan/quiz, pastikan bahwa komputer/laptop telah tersambung pada LCD projector karena PIN permainan dan semua soal akan ditayangkan pada layar. Tampilan yang ada di peserta didik hanya pilihan untuk di klik/pilih. Berikut tahapan untuk memulai quiz permainan:
1.
Klik ‘Play’
pada menu Kahoot!
4. Setelah memilih permainan “Classic” maka sistem akan mengenerate PIN permainan (Game PIN)
6. Minta peserta didik
untuk memasukkan PIN permainan (Game PIN) yang ditayangkan di layar. Peserta didik
diminta memasukkan nama.
Apabila peserta telah
memasukkan maka nama peserta
akan ditampilkan di
layar
7. Apabila semua telah siap,
klik “Start” dan quiz segera dimulai. Semua pertanyaan akan ditampilkan di layar
utama. Peserta didik
nantinya diminta untuk
menentukan jawaban dengan klik symbol/warna yang sesuai dengan
jawaban
8. Hasil jawaban
dari setiap pertanyaan akan ditampilkan kemudian
9. Ketika semua
pertanyaan/quiz telah selesai
maka Kahoot! akan
menampilan ranking urutan
dan juga data nilai
tiap peserta. Guru
dapat mengunduh hasilnya
dalam bentuk file
excel
Tambahan Informasi
Pembuatan soal
dapat pula dilakukan dengan mengupload soal
dalam format excel.
Template excel dapat di download di website Kahoot!
Sumber
- https://create.kahoot.it/creator
- http://staffnew.uny.ac.id/upload/198901062014042001/pendidikan/Kahoot_Belajar%20Sosiologi%20itu%20Menyenangkan%20.pdf
Selamat Belajar
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar, tapi jagalah sopan santun ya..