Pages

Subscribe:

Rabu, 08 Maret 2017

Media Pembelajaran Berbasis Web: EDMODO (1)

PENDAHULUAN
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi banyak membawa dampak positif bagi kemajuan dunia pendidikan. Pendidikan formal, informal, dan non formal dapat menikmati fasilitas teknologi informasi dari yang sederhana sampai kepada yang canggih. Teknologi komputer dan internet, mulai dari perangkat lunak maupun perangkat keras memberikan banyak tawaran dan pilihan bagi dunia pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran para peserta didik. Keunggulan yang ditawarkan bukan saja terletak pada faktor kecepatan untuk mendapatkan informasi, namun juga fasilitas multi media yang dapat membuat belajar lebih menarik melalui visual secara interaktif. Sejalan dengan perkembangan teknologi internet, banyak kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi ini.


Cyber atau electronic learning (E-Learning) pada hakekatnya belajar, atau pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi komputer atau internet. Teknologi belajar seperti itu bisa juga disebut sebagai belajar atau pembelajaran berbasis Web (web based instruction). Era globalisasi atau era informasi merupakan suatu keadaan dimana terjadi proses perubahan antar negara, antar bangsa, antar budaya, tanpa mengenal batas dan waktu . Pengaruh era globalisasi ini semakin terasa, terutama dengan semakin banyaknya saluran informasi yang tersedia baik cetak maupun elektronik, serta pesatnya perkembangan dalam bidang teknologi komunikasi dan transportasi.

Format-format pendidikan yang mungkin tersedia di abad ke-21 yaitu Cyber ( E-Learning) yang merupakan belajar atau pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi komputer dan atau internet, open/distance learning yaitu model belajar jarak jauh, dimana guru/pelatih dan peserta didik tidak berada dalam satu tempat dan waktu yang sama, serta tidak bertatap muka secara fisik langsung.

Banyak pilihan bagi praktisi pendidikan untuk memanfaatkan TIK dalam proses pembelajarannya, antara lain : Moddle, Camtasia, Macromedia Flash Player, Prototype, Edmodo dan lain-lain.

APA ITU EDMODO ?
Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan, acara, dan tugas untuk siswa dan dapat memutuskan untuk mengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat dilihat publik.

Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun untuk orang tua/wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada.

Edmodo dibuat sebagai sebuah platform pembelajaran jejaring sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan orang tua/wali. Edmodo dirancang untuk membuat siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.
 

FUNGSI EDMODO
1. Untuk mempermudah komunikasi antara murid dengan murid atau murid dengan guru/ dosen. 
2. Sebagai sarana komunikasi belajar/berdiskusi. 
3. Sebagai tempat untuk ujian/quiz, dll. 

KELEBIHAN & KEKURANGAN EDMODO
FITUR-FITUR EDMODO:
a) Mudah digunakan, karena hampir sama dengan facebook Dapat diakses kapanpun dan dimanapun. 
b) Dapat digunakan bagi siswa, guru dan orang tua, gratis diakses online, dan tersedia untuk perangkat smartphone 
c) Tidak memerlukan server disekolah 

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN EDMODO 
- Kelebihan User interface. Mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun 
- Compatibility. Mendukung untuk format apapun : pdf, pptx, html, swf dll. 
- Aplikasi. Tidak hanya dapat diakses melalui pc saja, tetapi juga dapat diakses dengan menggunakan gadget berbasis android OS. 
- Kekurangan Social media. Tidak berinteraksi dengan jenis media social apapun. 
- Language. Bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris sehingga menyulitkan guru dan siswa 
- Video conference belum tersedia. Hal ini cukup penting bagi guru apabila tidak dapat hadir secara langsung dalam kelas 


Sumber:


2.Http://guraru.org/guru-berbagi/cara-membuat-media-pembelajaran-online-menggunakan-edmodo/

5.http://www.slideshare.net/meeshell833/edmodo-student-training  
6.Dan berbagai sumber lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, tapi jagalah sopan santun ya..