Pages

Subscribe:

Kamis, 06 Agustus 2009

Kikil Com Mesin Pencari Cukup Oke!


Rupanya muncul lagi search engine baru setelah gegap gempita kemunculan Bing.com akhir Mei 2009 lalu, search engine yang baru ini bernama Kikil.com, namanya mengingatkan kita pada search engine Cuil.com yang sempat di hebohkan akan menggantikan dominasi Google.com, namun kini beritanya tidak terdengar lagi.

Tampilan muka (interface) dari Kikil.com sekilas mengingatkan kita pada Bing.com, dengan high resolution imej yakni tampilan gedung opera Sydney Australia. Namun bedanya Kikil.com menggunakan statik imej bukan rotating imej tiap kali refresh seperti Bing.com

Kikil.com juga menyediakan menu-menu standar yang biasa disediakan oleh SE seperti referensi bahasa, sejauh ini ada bahasa Indonesia, Ingris, Arab, China, JepanG, Spanyol, Ibrani, Yunani, Italia, Perancis, Jerman. Juga ada menu untuk pencarian Web, Gambar, Video, PDF, Wiki, MP3 juga Jobs dan Travels.

Dan halaman hasil pencariannya pun simpel seperti umumnya SE, namun bedanya di sertai image shot untuk setiap situs yang muncul, seperti ini:










Saya cukup terkesan dengan kemampuan Kikil.com setelah melakukan uji coba, dan saya melakukan perbandingan antara Kikil.com dengan Bing.com. Beberapa keyword saya coba, dan hasil dari Kikil.com lebih sesuai dengan yang saya harapkan, hal yang sama tidak saya temukan di Bing.com.

Namun test yang saya lakukan pada ke 2 search engines ini bisa jadi relatif atau juga tidak ditemui oleh pengguna lain yg juga melakukan test perbandingan.

Tapi jika di suruh memilih antara Kikil.com dan Bing.com saya condong Kikil.com, kekurangan yang saya dapati pada SE ini ialah, loading akses yang agak lama, hal ini dikarenakan imej shot yang ditampilkan pada lembar hasil pencarian.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, tapi jagalah sopan santun ya..